Pelatihan CMS Balitbang untuk ALCoB Cenderawasih

Pelatihan pembuatan website sekolah model CMS Balitbang tahun 2013 salah satunya telah diagendakan untuk Provinsi Papua dan Papua Barat, yang diselenggarakan di Kota Jayapura pada tanggal 11 - 15 November 2013. Bertempat di Hotel Sahid Jayapura Jalan Bahtera No. 7A Entrop Jayapura Papua. Secara umum, pelaksanaan pelatihan yang diikuti oleh 25 orang guru sebagai adminweb yang mewakili 25 sekolah di Papua dan Papua Barat dapat dikatakan berjalan lancar dan mengasyikan.
Tujuan dari kegiatan ini secara umum adalah untuk mewujudkan satu tahapan sosialisasi dan kolaborasi antara model website sekolah menggunakan CMS Balitbang, Rumah Belajar, dan APEC Learning Community Builder (ALCoB), di mana ketiga kegiatan tersebut bermuara pada percepatan dan peningkatan layanan pendidikan terhadap peserta didik, tenaga kependidikan dan satuan pendidikan melalui pemanfaatan Teknologi Informasi.
Kegiatan pelatihan ini merupakan satu forum transformasi teknologi informasi dari Badan Penelitian dan Pengambangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Balitbang Kemendikbud) berupa pelatihan dalam pembuatan Website Sekolah menggunakan CMS Balitbang yang telah dikembangkan sejak tahun 2008, sehingga diharapkan semua program dan kegiatan Kemendikbud di bidang pengembangan teknologi informasi dapat berkembang secara efektif dan mengurangi kesenjangan pemanfaatan teknologi informasi di bidang pendidikan antara daerah maju dan daerah yang sedang berkembang.
Kegiatan pelatihan pembuatan website sekolah model CMS Balitbang dibuka Oleh Kepala Bidang Perencaranaan dan Kerjasama Luar Negeri Dinas Dikpora Provinsi Papua Bapak Drs. Marthen Kuwissy dengan satu pesan khusus, bahwa setelah kegiatan pelatihan ini diharapkan para peserta dapat konsisten mengembangkan keilmuan di bidang ICT secara kontinyu, bukan hanya pelatihan tinggal pelatihan, sehingga apapun yang didapatkan dari kegiatan pelatihan ini merupakan satu tanggung jawab untuk berbagi, sharing knowledge, dan merupakan kegiatan yang berkelanjutan. Tuntutan ini merupakan tuntutan dinamis untuk menciptakan proses pembelajaran berkelanjutan, desiminasi berkelanjutan dan proses pencerdasan, terutama masyarakat Papua melalui dunia pendidikan.
Kepala Bidang Perencaranaan dan Kerjasama Luar Negeri Dinas Dikpora Provinsi Papua membuka acara pelatihan
Kepala Bidang Perencaranaan dan Kerjasama Luar Negeri Dinas Dikpora Papua bersama Drs. Gunawan, M.M- Kepala Bagian Hukum dan kepegawaian selaku Penanggung Jawab Kegiatan
Dengan didampingi 4 (empat) orang Instruktur CMS Balitbang, yakni Bapak Choirul Anam, ST dari SMK YAPPI Wonosari Gunungkidul, Bapak Siswanto dari Dinas Pendidikan Kota Malang, Bapak P. Widiyanto dari SMK Negeri 2 Banyumas, dan Bapak Tamam dari SMK Yappis Biak Papua, pelatihan menjadi interaktif dan menyenangkan.
Penyampaian Materi CMS Balitbang oleh Bapak ChoirulAnam, ST
Penyampaian Materi CMS Balitbang oleh Bapak ChoirulAnam, ST

Dimulai dengan paparan Bapak Choirul Anam dari SMK YAPPI Wonosari Gunungkidul, peserta dipancing untuk mengetahui apa dan bagaimana peran website sekolah dalam memajukan pendidikan di sekolahnya. Konten Intranet ditampilkan dengan kelengkapan fitur yang dibawa dari Gunungkidul Yogjakarta memberi inspirasi para peserta mengenai pentingnya berbagi ilmu pengetahuan yang tidak berbatas jenjang pendidikan, melalui konten sederhana yang bisa diterapkan di masing-masing sekolah meskipun tanpa koneksi internet.
Paparan berikutnya adalah mengenai CMS Balitbang itu sendiri, melalui instalasi step by step, para peserta mengikuti secara seksama dan kegiatan pelatihan menjadi hangat dan penuh warna. Banyak pertanyaan muncul, dan kesigapan instruktur telah memberi pemahaman yang cukup dan menjadikan peserta semakin termotifasi untuk mendapatkan hasil dari pelatihan tersebut.

Penyampaian Materi CMS Balitbang oleh Bapak P. Widiyanto, S.Pd
Penyampaian Materi CMS Balitbang oleh Bapak Siswanto

Penyampaian Materi CMS Balitbang oleh Bapak P. Widiyanto, S.Pd

Materi-materi pelatihan yang didapatkan peserta di antaranya: Instalasi, Pengelolaan Bagian Utama Website Sekolah, Pengisian Data Website Sekolah, Penggunaan Content Manajemen System (CMS), Pengaturan Desain Template, Pemanfaatan Fitur Member, dan Step terakhir dan yang terpenting adalah Upload Content Website Sekolah ke Web Hosting, sehingga diharapkan sepulang pelatihan ke-25 website sekolah dapat diakses di dunia maya.
Di beberapa sesi tanya jawab juga diselingi materi-materi terkait isyu-isyu keamanan website, isyu desain terbaru menggunakan CSS3 dan HTML5, dan pertanyaan lain menyangkut domain dan hosting.
Foto bersama Panitia & Instruktur
Foto bersama Panitia, Instruktur & Peserta
Suasana Pelatihan ~ Peserta Antusias
Kegiatan pelatihan mencapai puncaknya pada session Presentasi dari masing-masing peserta yang mewakili sekolahnya dan lahirlah 25 website sekolahdengancontentdariCMSBalitbang.
Ke-25 website hasil pelatihan di Papua tersebut adalah:


Semoga dengan Pelatihan CMS Balitbang bagi guru-guru Provinsi Papua dan Papua Barat, menjadikan lahirnya 25 website baru di Provinsi Papua akan menambah wacana dan konten-konten pembelajaran berbasis Web yang akan mendukung kemajuan pendidikan di Provinsi Papua dan Papua Barat pada khususnya, dan kemajuan pendidikan Indonesia pada umumnya. ... Amiin.
Good Luck dan Bravo ACoB Cenderawasih, Bravo ALCoB Indonesia..!!

Referensi
www.kemdikbud.go.id
www.litbang.kemdikbud.go.id
www.kajianwebsite.org
www.alcobindonesia.org
www.smkyappi-wns.sch.id
www.smkn2banyumas.sch.id
www.smkyapisbiak.net
www.widiyanto.net
www.alcob-banyumas.blogspot.com
www.widiyantobms.blogspot.com






Share on Google Plus

About WIDI

0 comments:

Posting Komentar